Home

Latar Belakang CRM


Seiring dengan berjalannya waktu, fokus pemasaran telah mengalami perubahan. Pada tahun 1950-an, pemasaran berfokus kepada barang-barang konsumen. Pada tahun 1960-an, pemasaran ditujukan kepada pasar industri. Pemasaran nonprofit atau pemasaran sosial menjadi fokus pemasaran pada tahun 1970-an. Selanjutnya pasa tahun 1980-an, sektor jasa yang mendapat perhatian. Hingga pada tahun 1990-an, Relationship Marketing mendapatkan perhatian yang meningkat.
Relationship Marketing lebih menekankan kepada kerjasama daripada kompetisi dan konflik diantara para pemasar. Konsep ini berdasarkan kepada pembentukan nilai antara perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan pada perusahaan.
Dari perkembangan Relationship Marketing muncullah Customer Relationship Management (CRM), yang dalam hal ini perusahaan menjalin hubungannya dengan pelanggan. Konsep ini menekankan pada pelanggan karena dalam hal ini pelanggan dianggap sebagai ujung tombak suatu usaha.
Dari permasalahan inilah, blog ini akan membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan Customer Relationship Management (CRM). Semoga penjelasan kami dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi Anda. Terimakasih.


regrads,
team CRM-MPR