Sabtu, 25 Juni 2011

Latar Belakang CRM


Seiring dengan berjalannya waktu, fokus pemasaran telah mengalami perubahan. Pada tahun 1950-an, pemasaran berfokus kepada barang-barang konsumen. Pada tahun 1960-an, pemasaran ditujukan kepada pasar industri. Pemasaran nonprofit atau pemasaran sosial menjadi fokus pemasaran pada tahun 1970-an. Selanjutnya pasa tahun 1980-an, sektor jasa yang mendapat perhatian. Hingga pada tahun 1990-an, Relationship Marketing mendapatkan perhatian yang meningkat.
Relationship Marketing lebih menekankan kepada kerjasama daripada kompetisi dan konflik diantara para pemasar. Konsep ini berdasarkan kepada pembentukan nilai antara perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan pada perusahaan.
Dari perkembangan Relationship Marketing muncullah Customer Relationship Management (CRM), yang dalam hal ini perusahaan menjalin hubungannya dengan pelanggan. Konsep ini menekankan pada pelanggan karena dalam hal ini pelanggan dianggap sebagai ujung tombak suatu usaha.
Dari permasalahan inilah, blog ini akan membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan Customer Relationship Management (CRM). Semoga penjelasan kami dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi Anda. Terimakasih.


regrads,
Team CRM-MPR

1 komentar:

  1. JackpotCity Casino | Official Website of the Jam
    Welcome to JackpotCity Casino. Enjoy 전라남도 출장안마 the 안양 출장마사지 excitement of Las Vegas' best gaming action with 김해 출장샵 over 1,000 casino games and a wide 광주 출장안마 range 나주 출장안마 of table

    BalasHapus