Minggu, 26 Juni 2011

Kesimpulan

CRM merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan yang siap bersaing menuju era globalisasi. Kesuksesan dan kegagalan perusahaan tergantung pada kemampuan-nya untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan pelanggannya. Dan dalam mewujudkan tujuan dari kegiatan CRM, perusahaan dapat menggunakan software-software terkait yang mampu membantu perusahaan dalam mewujudkan efisiensi dan efektivitas kinerja perusahaan.

Kunci keberhasilan CRM adalah memahami keseluruhan hubungan kerja sama yang terjadi di dalam organisasi/perusahaan, baik yang bersifat intern maupun ekstern dengan memanfaatkan software yang mampu memberikan kemudahan dan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagi pelanggan, program dan software ini sebaiknya mudah digunakan, sangat efektif dan efisien serta dapat dipakai untuk melacak hal-hal yang berkaitan dengan customer relationship. Di lain pihak, pada saat yang sama, perusahaan juga memperoleh manfaat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan serta memberikan layanan dan pengalaman yang konsisten bagi pelanggannya melalui berbagai sarana dan media yang bisa dipilih oleh para penggunanya. Dengan demikian akan tercipta value chain yang harmonis dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar